Selamat Bertugas Bapak dan Ibu Menteri yang Terhormat

Taaddaaa…..akhirnya hari Minggu kemarin Presiden terpilih kita telah mengumumkan menteri-menteri yang bakal menjabat selama 5 tahun kedepan. Sebenarnya ane nggak lihat live pas pengumuman soalnya badan masih capek, hati masih deg-degan, adrenalin masih tinggi lihat pertempuran Rossi dan Marquez di Sepang satu jam sebelumnya. Sayang jagoan ane Rossi nggak bisa ngeladenin ‘Baby Alien’ sampai garis finish. Padahal menutur ane potensi Rossi menang sangat besar, mungkin pengaruh usia juga sih. Eh ini kenapa malah bahas kebut-kebutan motor, sorry gan..fokus..fokus!!

Malem harinya setelah mulihin kondisi fisik dan mental setelah loyo lihat kekalahan Rossi, ane baru baca beritanya di hape tentang pengumuman menteri kabinet Jokowi-JK. Dengan kondisi nyawa yang belom 100% sadar ane mulai cermatin nama-nama menteri yang baru tersebut, memang sih ada beberapa nama yang bagi ane masih asing secara ane nggak begitu kenal sama orang-orang politik, namun ada beberapa nama yang pernah denger atau sering baca di sosmed. Akhirnya malem itu juga telah banyak komentar pro dan kontra tentang menteri-menteri tersebut. Ada yang bilang kebanyakan orang politiknya, ada yang bilang nggak sesuai bidanglah, bahkan ada yang bilang titipan dari ’emak’nya. Hahaahahaaa….ane cuma cengar-cengir sambil nahan pipis baca komentar mereka semua.

Halooo……… dari kemaren kalian yang ngeributin kenapa Jokowi nggak cepet-cepet ngumunin kabinetnya, sekarang setelah diumumin masih aja banyak yang nyela. Emang sih mungkin sudah bawaan orok bin nenek moyang, mau di belahan tanah mana saja yang namanya pengumuman pasti banyak yang nyinyir. Mereka baru dilantik beberapa jam yang lalu woiii, nyentuh meja kerjanya saja belom udah di kritik. Ane bukannya memihak pemerintahan Jokowi atas pilihannya, ane juga agak kecewa kenapa nggak bapak ane aja yang jadi menteri. Kan lumayan nanti di kantor pada bilang ‘eh ada anak meteri tu, cakep ya orangnya’. Atau pas beli pentol amang-amang pentolnya bilang ‘mas karena anda anak menteri beli pentol 1 mangkok gratis 3 mangkok deh.’

Kita beri waktu buat para meteri yang baru buat bekerja dan nunjukin kapasitasnya. Ane masih yakin kalau presiden nggak bakalan asal-asalan milih, ya walaupun ada tapi nggak bakalan semualah. Para menteri yang dipilih ane lihat juga sudah berpengalaman baik di bidang kementeriannya atau pun di dunia politik, kita doakan saja segera ada terobosan-terobosan baru untuk Indonesia ini. Kalo sudah dikasih waktu dan mereka hanya duduk anteng sambil minum kopi dan rokokan baru bolehlah pada koar-koar. Mau teriak-teriak pake Toa masjid dan gereja silahkan saja (kalau mau digebukin orang kampung), mau demo 7 hari 8 malem ya monggo saja, atau mau ngebom kantor kementrian ya suka-suka lo lah. Intinya kita beri waktu dulu buat mereka buat bekerja dahulu, jangan asal bacot lo yang maju duluan.

Nah buat Bapak dan Ibu Meteri yang baru (walau ane nggak yakin coretan ini bakal dibaca mereka) selamat karena Anda-anda semua bakal dipinjami rumah dan mobil yang baru, selamat karena nama Anda menajadi terkenal di hampir 250 juta jiwa rakyat Indonesia. Jabatan yang Anda semua pegang sekarang bukan hadiah, namun itu adalah bom waktu yang kami titipkan kepada Anda semua. Jika Anda tidak pintar maka bom itu bisa meledakkan hidup Anda untuk selamanya. Sekali lagi mewakili teman-teman semuanya Selamat Bertugas Bapak dan Ibu Menteri yang Terhormat.

Leave a Reply

